4+ Tips Memilih Wallpaper Dinding Untuk Kamar Mandi Agar Tahan Air

www.wallpaperkeren.net – Kamar mandi adalah sebuah ruangan yang terdapat didalam rumah, yang pada umumnya terletak di bagian paling belakang dalam sebuah rumah. Biasanya, lokasi kamar mandi juga berdekatan dengan lokasi dapur.

Fungsi dari Kamar mandi adalah sebagai ruangan untuk melakukan kegiatan yang bersifat pribadi seperti Mandi atau Buang Air (kecil dan besar).
Dalam desain sebuah rumah, ada 2 macam tipe kamar mandi. Kamar mandi Tunggal yang hanya digunakan untuk mandi. Atau Kamar mandi dengan fungsi ganda, sebuah kamar mandi yang didalamnya terdapat toilet, yang digunakan untuk mandi serta buang air.

Kamar mandi menjadi tempat paling kotor dalam suatu rumah, khususnya daerah pada dinding. Ini wajar, karena didalam kamar mandi, terdapat bak mandi, sebuah tempat untuk menyimpan air. Sehingga setiap hari, orang menggunakan kamar mandi untuk mandi. Dan air tentu saja akan terciprat ke dinding tiap harinya, yang mana membuat dinding tersebut menjadi basah dan kotor. Didukung dengan kondisi kamar mandi yang selalu lembab, membuat dinding kamar mandi selalu kotor.

Ruangan kamar mandi yang terlihat kotor pastinya akan membuat Kita merasa masuk kedalam kamar mandi tersebut. Yang mana akhirnya membuat Kita menjadi malas mandi. Tentu hal itu tidak baik. Untuk itu, Kamu bisa mendekorasi dinding kamar mandi supaya terlihat indah dan bersih. Kamu bisa membuat dinding kamar mandi menjadi terlihat menawan dengan bantuan wallpaper. Untuk itulah www.wallpaperkeren.net hadir untuk memberikan solusi terbaik bagi kamar mandi Anda.

wallpaper kamar mandi tahan air

Wallpaper Kamar Mandi Tahan Air

1. Pakai Wallpaper Dinding Kamar Mandi Yang Tahan Air

Seperti yang dijelaskan diatas. Bahwa dinding kamar mandi adalah bagian dalam rumah yang paling sering terkena cipratan air. Hal ini membuat dinding kamar mandi mudah basah dan lembab, yang mana akhirnya membuat dinding menjadi terlihat kusam dan kotor, bahkan jika dibiarkan dalam keadaan lama, cat dindingnya akan mengelupas. Tentu saja hal ini membuat tembok kamar mandi memerlukan perlindungan ekstra yang khusus. Kamu bisa melindungi dinding kamar mandi dengan bantuan wallpaper.

Namun tentu saja bukan wallpaper biasa, melainkan sebuah wallpaper yang memiliki fitur tahan air. Wallpaper yang tidak cocok digunakan untuk daerah kamar mandi adalah wallpaper yang menggunakan bahan dari kertas, karena wallpaper berbahan kertas akan cepat rusak jika terkena air. Wallpaper Tembok yang dipercaya memiliki kemampuan tahan air adalah wallpaper yang terbuat dari bahan Aluminium Foil, Vinyl, dan Fyber Glass.

2. Wallpaper Kamar Mandi Berbahan Vinyl
wallpaper kamar mandi vinyl
Vinyl adalah sebuah bahan yang terbuat dari serat plastik (PVC). Seperti yang Kita ketahui bahwa plastik merupakan bahan yang anti air. Plastik dapat mencegah air (Water Resisten). Dengan memasang wallpaper Vinyl di kamar mandi, maka cipratan air tidak akan merembes ke wallpaper maupun ke dinding. Kalaupun terkenal noda kotor, Wallpaper vinyl bisa dibersihlan dengan larutan pembersih dan dibilas dengan air.

Penggunaan wallpaper Vinyl ini sudah umum digunakan dalam interior dinding rumah termasuk kamar mandi. Wallpaper berbahan vinyl ini cenderung memiliki harga yang murah, sehingga sudah banyak orang yang membeli dan memakainya. Selain itu wallpaper Vinyl tersedia berbagai pilihan motif gaya dan warna yang bisa dipilih sesuai keingingan. Jadi, Wallpaper Vinyl akan melindungi dinding kamar mandi Anda dari air dan sekaligus memberikan nilai keindahan estetika.

3. Wallpaper Kamar Mandi Berbahan Aluminium Voil
wallpaper kamar mandi aluminium foil
Aluminium Voil adalah sebuah bahan yang terbuat dari logam aluminium yang dibentuk setipis mungkin menjadi seukuran selembar kertas. Logam Aluminium yang biasanya ditemui dalam alat-alat dapur rumah tangga seperti panci, telah berubah menjadi bentuk seukuran wallpaper.

Seperti yang Kita tahu, karakteristik logam seperti alumium adalah mampu menahan air. Jadi, melapisi dinding kamar mandi dengan wallpaper berbahan aluminium adalah langkah yang benar-benar tepat. Permukaan Wallpaper aluminium juga terbilang licin, sehingga jika terkena cipratan air, maka air akan langsung mengalir kebawah. Selain itu jika terkena kotoran, maka Wallpaper Aluminium dapat dibersihkan dengan mudah, hanya perlu menggunakan cairan pembersih, dan terakhir bilas dengan air.

Wallpaper Aluminium memiliki karakteristik yang khas, dimana permukaannya akan terlihat mengkilap seperti logam pada umumnya. Hal ini akan memberikan suasana di kamar mandi menjadi lebih bernuansa modern.

4. Wallpaper Kamar Mandi Berbahan FiberGlass
wallpaper kamar mandi fiberglass
FiberGlass memang jarang terdengar di Indonesia. FiberGlass memiliki nama lain sebagai “serat kaca”. FiberGlass adalah sebuah benda yang dilapisi oleh kaca yang telah dicairkan, lalu dibentuk ulang menjadi sebuah kain, benang, dan Wallpaper.

Seperti yang Kita tahu, Air tidak bisa melewati permukaan yang terbuat dari kaca. Sehingga wallpaper dari bahan FiberGlass sudah pastinya akan cocok jika dipasang didalam kamar mandi. Wallpaper FiberGlass ini sudah pastinya tahan dengan air. Dan jika Wallpaper FiberGlass terkena kotoran noda saat di kamar mandi, maka cukup mudah dibersihkan.

Alasan kenapa FiberGlass masih jarang dipakai oleh masyarakat Indonesia, karena memang barang wallpaper FiberGlass ini masih sulit ditemukan di Indonesia. Untuk bisa mendapatkan Wallpaper FiberGlass, Kamu bisa membelinya di luar negeri. Atau meng-importnya dari luar negeri, dengan cara membelinya lewat marketplace yang menjualnya secara online.

Tambahan : Dan itulah wallpaper Kamar Mandi terbaik yang menyediakan fitur tahan air. Atau apakah Kamu tidak ingin menggunakan wallpaper dinding untuk kamar mandi? Tenang saja, karena masih ada tips alternatif dibawah ini.

5. Dinding Kamar Mandi Keramik
dinding kamar mandi keramik
Keramik sudah pastinya dapat Kita temui pada lantai-lantai rumah. Namun pada saat ini, keramik sudah dipakai untuk menghiasi dinding rumah. Tak heran, karena keramik memiliki banyak sekali motif bentuk dan warna, yang tentunya memiliki nilai keindahan estetika.

Keramik dinilai lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan wallpaper. Namun Harga keramik dinilai lebih mahal daripada harga wallpaper dinding. Selain itu biaya pemasangan keramik juga terbilang mahal, karena karemaik membutuhkan semen untuk merekatkannya ke dinding. Sementara wallpaper hanya membutuhkan lem untuk merekatkannya ke dinding.

Baik wallpaper dinding maupun keramik pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun pastinya pilihan itu ada di tangan Anda. Apapun boleh dipakai asal Kamar mandi menjadi tempat yang indah dan bersih untuk ditempati.

Leave a Comment

Your email address will not be published.